Framework laravel adalah salah satu framework yang sangat populer di kalangan web developer. Hal tersebut terjadi karena banyak fitur yang diberikan dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi web. Maka dari itu proses pengembangan website menjadi lebih cepat. Melalui artikel ini, kita akan memahami mengenai apa itu laravel, fungsi, dan fitur yang dimilikinya.

Apa itu Laravel?

Pengertian laravel adalah framework PHP open source yang kuat dan mudah dipahami. Hal ini mengikuti pola desain model-view-controller atau MVC. Laravel menggunakan kembali komponen kerangka kerja berbeda yang ada yang membantu dalam membuat aplikasi web. Aplikasi web yang dirancang lebih terstruktur dan pragmatis. Sederhananya, CMS merupakan aplikasi yang hadir dengan fungsi dasar dan dibangun di atas framework. Laravel adalah framework dan digunakan untuk membangun aplikasi, termasuk platform CMS.

Berbeda dengan CMS seperti Drupal atau WordPress, Laravel memberikan Anda kendali penuh atas aplikasi Anda. Melalui Laravel, semuanya dilakukan dalam kode tidak seperti Drupal atau Joomla dimana Anda dapat membuat situs web fungsional tanpa menulis satu baris kode pun atau bahkan tanpa mengetahui apa itu PHP. Laravel merupakan framework PHP pada sisi server. Dengan itu Anda dapat membuat aplikasi full-stack, artinya aplikasi dengan fitur yang biasanya memerlukan backend, seperti akun pengguna, ekspor, manajemen pesanan, dan sebagainya.

Laravel menawarkan serangkaian fungsi yang menggabungkan fitur dasar kerangka PHP seperti CodeIgniter, Yii dan bahasa pemrograman lain seperti Ruby on Rails. Laravel mempunyai serangkaian fitur yang sangat kaya yang akan memangkas waktu untuk pengembangan web. Jika Anda familiar dengan Core PHP dan Advanced PHP, Laravel akan membuat tugas Anda lebih mudah. Hal ini menghemat banyak waktu apabila Anda berencana mengembangkan situs web dari awal. Selain itu, situs web yang dibangun di Laravel aman dan mencegah beberapa serangan web.

Kelebihan Laravel

Laravel memiliki kelebihan ketika Anda merancang aplikasi web seperti aplikasi web menjadi lebih terukur karena framework Laravel. Banyak waktu yang dihemat dalam mendesain aplikasi web, karena Laravel menggunakan kembali komponen dari kerangka lain dalam mengembangkan aplikasi web. Hal ini mencakup namespaces dan interface sehingga membantu mengatur dan mengelola sumber daya atau resource.

Adapun kelebihan lain pada framework laravel yaitu sebagai berikut:

  • Komposer
    Komposer merupakan alat yang mencakup semua dependensi dan library. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat proyek sehubungan dengan framework yang disebutkan (misalnya, yang digunakan dalam instalasi Laravel). Library third party dapat diinstal dengan mudah dengan bantuan komposer. Semua dependensi dicatat dalam file composer.json yang ditempatkan di folder sumber.
  • Artisan
    Framework laravel menawarkan tool bawaan untuk command line seperti Artisan yang meningkatkan kinerja dengan aspek-aspek yang membosankan. Tugas pemrograman yang berulang melibatkan sebagian besar pengembang untuk menghindari kinerja aspek yang berlebihan. Framework artisan terutama digunakan untuk membuat struktur database dengan kode kerangka yang dibangun dengan migrasi.
framework laravel adalah

Fitur Laravel

Fitur laravel yang dimiliki pun cukup banyak sehingga menjadikan framework yang digemari oleh para pengembang web. Adapun fitur laravel yang dimiliki sebagai berikut:

  • Modularitas
    Laravel menyediakan 20 library dan modul bawaan yang membantu dalam peningkatan aplikasi. Setiap modul terintegrasi dengan manajer dependensi komposer yang memudahkan pembaruan.
  • Kemampuan untuk diuji
    Laravel menyertakan fitur dan helper yang membantu dalam pengujian melalui berbagai kasus pengujian. Fitur ini membantu menjaga kode sesuai kebutuhan.
  • Routing
    Laravel memberikan pendekatan yang fleksibel kepada pengguna untuk menentukan rute dalam aplikasi web. Routing membantu menskalakan aplikasi dengan cara yang lebih baik dan meningkatkan kinerjanya.
  • Manajemen Konfigurasi
    Aplikasi web yang dirancang di Laravel akan berjalan di lingkungan yang berbeda, yang berarti akan ada perubahan konstan dalam konfigurasinya. Laravel menyediakan pendekatan yang konsisten untuk menangani konfigurasi dengan cara yang efisien.

Kesimpulan

Kesimpulan akhir, dapat dilihat dengan jelas mengapa menggunakan Laravel sebagai kerangka pengembangan web teratas. Hal itu membuat proses pembuatan situs web yang menarik menjadi lebih cepat dan lebih baik. Terlepas dari apakah Anda seorang startup atau perusahaan besar, Laravel akan melayani semua kebutuhan Anda.