Apa Itu User Interface

Apa itu User Interface? Mungkin sering kali Anda mendengar hal tersebut di ranah teknologi. User Interface memang sering digunakan pada aplikasi ataupun website. Namun, apa sebenernya User Interface itu? Melalui artikel ini kita akan membahas mengenai User Interface mulai dari penjelasan, fungsi, dan contoh user interface, tunggu apalagi mari simak penjelasannya berikut ini.

Penjelasan User Interface

User Interface (UI) merupakan seluruh komponen yang dipakai dalam interaksi antara pengguna dengan suatu perangkat lunak, aplikasi, ataupun sistem. User Interface juga merupakan tampilan yang mempunyai banyak komponen seperti tata letak, warna, tulisan, dan grafis seperti logo atau ikon. Semua komponen tersebut mendukung untuk membentuk sebuat tampilan yang menarik dan membantu pengguna untuk merasakan pengalaman dan mencapai tujuannya saat mengakses suatu situs atau aplikasi.

Seperti contoh ketika Anda mengakses situs atau aplikasi jual beli Online, Anda berinteraksi dengan tampilan dan fitur yang dibuat oleh pengembang situs tersebut untuk membantu Anda mencapai tujuan ketika mengaksesnya. Anda dapat sampai ke titik untuk melakukan transaksi pembelian mulai dari pencarian barang hingga proses pembayaran yang dibantu oleh tampilan dan fitur dari situs atau aplikasi tersebut atau komponen-komponen yang ada.

Fungsi User Interface

Tentunya User Interface memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah aplikasi atau website, berikut merupakan fungsi user interface.

Membuat Impresi Awal Bagi Pengguna

Ketika aplikasi atau website Anda memiliki UI atau tampilan yang menarik, tertata, dan mudah dipahami maka pengguna akan merasa bahwa aplikasi atau web Anda dirasa ramah oleh pengguna sehingga dapat menimbulkan impresi yang baik dan memungkinkan untuk menggunakannya kembali.

Berbeda apabila aplikasi atau website Anda memiliki tampilan yang buruk, sulit dipahami oleh pengguna maka akan menimbulkan impresi yang buruk juga sehingga pengguna lebih memilih untuk menggunakan aplikasi yang lain.

Meningkatkan Traffic Website

Sebuah perusahaan tentunya mengupayakan membuat website dengan tampilan menarik agar pengenalan produk kepada pengguna dapat diterima dengan baik. Dengan tampilan yang menarik, interaktif, dan ramah digunakan oleh pengguna, tentunya akan mengundang banyak pengguna lainnya dalam mengunjungi website Anda.

Meningkatkan Branding

Dengan tampilan atau User Interface yang baik sehingga membuat ciri khas bagi perusahaan Anda, maka pengunjung selalu teringat akan produk Anda. Hal itu akan menjadikan brand Anda memiliki perbedaan atau kelebihan dibandingkan dengan brand yang lain.

Mempercepat Penjualan dan Pertumbuhan Bisnis

Meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis merupakan tujuan utama dari setiap pemilik bisnis. Dengan mengembangkan User Interface yang baik sehingga menimbulkan kepuasan bagi penggunanya akan mempercepat hal tersebut.

Prinsip User Interface

Untuk mengembangkan tampilan yang baik, User Interface tentunya memiliki prinsip untuk memberikan hasil yang sempurna atau hasil yang diinginkan. Berikut merupakan prinsip user interface yang umum diterapkan.

Konsisten

Agar pengguna merasa nyaman dan mudah ketika berpindah berbagai bagian aplikasi, pastikan untuk memiliki desain yang konsisten pada aplikasi atau situs web Anda terhadap elemen UI seperti ikon, tombol, dan tata letaknya.

Sederhana

Dengan menerapkan kesederhanaan dalam pengembangan UI membantu para pengguna agar mencapai tujuannya tanpa ada rasa bingung.  

Jelas

Tampilan dengan informasi yang jelas dan mudah dipahami akan membantu penggunanya ketika menggunakan aplikasi atau situs web, hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan tulisan,ikon, dan visual yang tepat serta menghindari bahasa yang membuat ambigu.

Sesuai

Berikan informasi yang sesuai dengan produk atau brand Anda yang ingin disampaikan kepada pengguna untuk mencapai tujuan.

Responsif

Untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pengguna ketika mengakses aplikasi atau situs web Anda, berikan tampilan yang responsif.

Intuitif

Bangun navigasi yang intuitif dan mudah dipahami untuk pengguna agar mereka dapat dengan mudah dan cepat menemukan apa yang mereka inginkan.

Fleksibel

Tampilan yang fleksibel seperti mengatur tampilan atau prefensi agar pengguna dapat menyesukaikan kebutuhannya.

contoh user interface

Contoh User Interface

Berikut contoh-contoh User Interface yang ada

Command Line Interface

Command Line Interface merupakan UI berbasis teks untuk berinteraksi dengan PC pada tingkat abstraksi rendah. Pada Umumnya, CLI tidak ditujukan untuk pengguna rata-rata, tetapi sebagian besar digunakan ketika bekerja dengan layanan cloud atau menjalankan administrator sistem. Contoh CLI yang paling dikenal orang adalah terminal sistem operasi apa pun (Windows, macOS, Linux).

Graphical User Interface

GUI  adalah jenis UI yang menggunakan elemen-elemen visual seperti ikon, tombol, dan jendela untuk memungkinkan interaksi pengguna. Jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh pengguna seperti tampilan Windows dengan menggunakan mouse untuk mengklik ikon yang ada.

Touch Screen Interface

Jenis ini adalah GUI yang mengunakan sentuhan pada layar dimana tidak membutuhkan mouse atau keyboard untuk mengklik tombol atau ikon. Jenis ini juga dapat memiliki fitur lain seperti menyentuh ikon dengan beberapa waktu untuk menghasilkan fitur lain.

Jenis ini  merupakan interface yang menggantungkan sebagian besar interaksi dengan pengguna pada daftar menu yang dapat mereka pilih. Antarmuka ini umumnya digunakan pada aplikasi perangkat lunak untuk membuat navigasi dan penggunaan menjadi lebih mudah bagi pengguna yang mungkin tidak terbiasa dengan perintah teks atau antarmuka yang lebih kompleks seperti pada ATM atau pengaturan di ponsel.

Web Based UI

UI yang digunakan untuk situs web diakses menggunakan browser umumnya dikembangkan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Kesimpulan

User interface merupakan adalah hal yang penting bagi Anda yang memiliki produk digital seperti situs web, aplikasi, ataupun lainnya. Dengan User Interface atau tampilan yang menarik serta menerapkan prinpsip user interface tentunya akan mencapai tujuan yang Anda inginkan. Lebih lagi, dengan User Interface yang baik maka akan menimbulkan banyak keuntungan bagi Anda seperti kepuasan bagi pengguna sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Setelah memahami apa itu user interface hingga fungsi user interface, Anda dapat mulai merancang dan membangun UI Anda untuk aplikasi ataupun situs web Anda.