Mungkin Anda sudah sering mendengar yang namanya hosting atau Anda sudah tau mengenai hosting tapi masih bingung bagaimana cara kerja hosting. Melalui artikel ini, kita akan memahami apa itu Web Hosting beserta dengan fungsi web hosting dan cara kerja hosting.

Pengertian Web Hosting

Web hosting merupakan layanan dimana organisasi dan individu dapat memposting situs web atau halaman web ke Internet. Host web, atau penyedia layanan hosting web, merupakan bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan agar situs web atau halaman web dapat dilihat di Internet. Website dihosting atau disimpan di komputer khusus yang disebut server. Saat pengguna Internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan hanyalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda ke browser. Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser.

Cara Kerja Web Hosting

Situs web Anda hanyalah kumpulan file yang berbeda. Saat Anda membuat situs web, Anda memerlukan tempat untuk menyimpan semua file tersebut. Tempat tersebut merupakan server perusahaan hosting Anda.

Di server ini, Anda akan menyimpan media situs web Anda, file, basis data, dan apa pun yang diperlukan untuk merender situs web Anda dengan benar. Berapa banyak penyimpanan yang Anda miliki akan bergantung pada paket hosting yang Anda pilih.

Jika Anda baru memulai online, Anda mungkin hanya menyewa sebagian server yang Anda bagikan dengan situs web lain. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan penyimpanan dan traffic , Anda mungkin perlu meningkatkan skala hingga menyewa seluruh server fisik atau menggunakan server cloud, dan VPS.

Ketika Anda mendaftar paket hosting web, umumnya akan mendapatkan akses ke server melalui seperti cPanel. Hal tersebut memudahkan untuk mengunggah file Anda ke server atau Anda dapat menginstal CMS seperti WordPress untuk membangun situs Anda dengan mudah.

Untuk memiliki situs web yang berfungsi penuh, Anda juga harus mendaftarkan nama domain. Setelah Anda membelinya, Anda akan mengarahkannya ke server Anda, yang memungkinkan browser web mengetahui bahwa di sinilah file Anda berada. Kemudian, ketika seseorang mengetikkan nama domain Anda atau mengklik link ke situs Anda, browser web mengambil file dari server dan menampilkannya kepada pengunjung. Semua ini akan terjadi dalam waktu yang cepat. Jika proses ini memakan waktu terlalu lama, Anda perlu mempercepat situs web Anda atau mempertimbangkan untuk menaikkan kapasitas layanan hosting yang lebih mencukupi dengan kebutuhan yang lebih tinggi.

cara kerja web hosting

Fungsi Web Hosting

Penyimpanan Data Website

Fungsi yang pertama dari hosting yaitu menyimpan data-data website Anda. Dengan data-data yang Anda simpan seperti kode, gambar, video, dan lain-lain, nantinya akan ditampilkan oleh web server untuk dapat dilihat oleh pengunjug website Anda. Data-data tersebut bisa dikelola dengan menggunakan control panel seperti Cpanel. Apabila Anda memiliki data yang cukup banyak atau web Anda semakin berkembang, pastikan Anda memilih layanan hosting dengan kapasitas yang sesuai.

Melindungi Website dari Serangan

Website Anda berpotensi mendapat serangan dari peretas berupa spam ataupun malware apabila keamanan website Anda kurang aman. Hal tersebut berbahaya bagi website Anda, tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan SSL atau Secure Socket Layer. Kuncihost sebagai salah satu penyedia layanan hosting sudah menggunakan Imunify360 guna mencegah dari serangan terhadap website pelanggannya.

Pembuatan Email Profesional

Jika Anda sudah memiliki hosting dan domain, Anda dapat membuat email dengan domain sendiri seperti ‘support[@]kuncihost.com’. Tentu saja hal tersebut dapat meningkatkan kredibilitas dan terlihat profesional.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas pastinya Anda sudah memahami mengenai pengertian Web Hosting beserta fungsi, dan cara kerja web hosting. Jika Anda memiliki bisnis dan ingin membangun website bisnis, Anda berada di tempat yang tepat karena Kuncihost merupakan penyedia layanan web hosting dengan berbagai macam pilihan yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Anda dapat langsung mengunjungi situs kami dan pilih opsi yang Anda inginkan di Kuncihost.