Apa itu E-Learning?

Apa itu e-learning? Pada zaman modern ini banyak sekali platform edukasi yang sering Anda jumpai baik aplikasi mobile maupun situs web. E-learning semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Terlebih pada saat pandemi Covid-19, himbauan mengharuskan aktivitas tatap muka harus dibatasi sehingga semua aktivitas beralih ke daring atau online. E-learning menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut. Pembelajaran dari tingkat dasar hingga perkuliahan dilakukan secara daring.

Melalui artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu e-learning beserta dengan penjelasan, manfaat, dan contoh e-learning. Tanpa banyak waktu lama lagi mari kita simak bersama.

Penjelasan E-Learning

E-learning adalah sistem pembelajaran yang memakai teknologi digital sebagai media dalam proses belajar. Penjelasan E-learning juga dapat diambil dari kata tersebut yaitu electronic learning dimana pembelajaran secara elektronik.

Format e-learning juga banyak variasinya mulai dari video, audio, text online, kuis, dan game.  E-learning banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan dalam bentuk aplikasi mobile, web, ataupun online meeting.

Dengan penjelasan sebelumnya  e-learning dibagi menjadi dua yaitu Synchronous E-learning dan Asynchronous E-learning. Synchronous merupakan pembelajaran secara langsung atau real-time dimana waktunya terjadwal sedangkan Asynchronous pembelajaran yang dilakukan dengan tidak terjadi di tempat yang sama atau pada waktu yang sama.

Dari semua itu tentunya didukung dengan teknologi serta internet dalam pengaplikasian e-learning serta tentunya memiliki manfaat. Apa saja manfaat e-learning? Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Manfaat E-Learning

Manfaat e-learning dirasakan oleh banyak pihak mulai dari guru, murid, hingga institusi. Berikut merupakan manfaat e-learning.

Fleksibilitas

Manfaat E-learning punya manfaat ketika pengajar ataupun murid tidak dapat bertemu secara langsung atau synchronous, maka dapat dilaksanakan melalui online meeting dan bisa direkam sebagai dokumentasi sehingga dapat dilihat kembali dan juga bagi murid yang tidak bergabung.

Kemudian apabila pembelajaran menggunakan metode asynchronous, maka akan lebih terasa manfaat fleksibilitas. Murid dapat mempelajari melalui video kapan saja dan bisa meggunakan fitur pause and resume sehingga dapat menyesuaikan para muridnya.

Efisiensi Biaya

Dengan adanya e-learning dapat memangkas biaya pengeluaran. Bagi pihak institusi, tidak perlu menyediakan ruangan fisik, infrastruktur, dan sebagainya dalam kondisi offline. Institusi dapat menyiapkan materi dalam bentuk video, pdf, dan sebagainya serta dapat menggunakan video conference seperti Zoom, Google Meet, atau Webex. Murid atau pengguna layanan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi, menyiapkan fisik, dan sebagainya. Cukup dengan internet dan gadget saja dapat mengikuti pembelajaran dimanapun.

Kemudahan dalam Akses

Anda hanya perlu membutuhkan sambungan internet dan perangkat keras seperti laptop ataupun ponsel untuk dapat mengkases semua materi dengan mengunduh atau streaming, lalu Anda juga dapat bergabung dalam pertemuan online. Saat ini, kemudahan semakin dapat dirasakan dimana materi digital dapat disimpan melalui layanan cloud atau penyimpanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan masih banyak lagi.

penjelasan-e-learning

Contoh E-Learning

Ada banyak contoh E-Learning yang dapat Anda jumpai dan Anda gunakan, berikut contoh e-learning:

Ruangguru

ruang guru

Ruangguru merupakan salah satu layanan bimbingan belajar online dari tingkat SD hingga SMA. Lebih lagi Ruangguru saat ini juga menyediakan layanan pelatihan online perusahaan. Tidak hanya itu, Ruangguru juga memiliki banyak fitur bagi para penggunanya seperti Roboguru dimana murid atau pengguna dapat menanyakan soal secara langsung dengan cara mengetikan soal atau mengirimkan foto soal yang nantinya akan dijawab oleh Roboguru.

Dicoding

dicoding

Dicoding merupakan salah satu layanan e-learning untuk memberikan pembelajaran mengenai pemrograman. Dicoding memiliki tujuan untuk melahirkan banyak developer atau programming yang siap untuk turun ke bidang industri. Adapun contoh kelas yang ditawarkan oleh Dicoding yaitu Android, IOS, Front-End Web, Back-End, Machine Learning, dan masih banyak lagi. Dicoding menyediakan materi mulai dari video, teks, kuis, hingga ujian agar murid dapat memiliki sertifikat dalam kelas yang diikutinya.

Revou

revou

Revou adalah layanan e-learning dengan berbagai macam produk unggulan seperti pelatihan untuk digital marketing, data analytics, product management, dan software engineering. Tujuan dari Revou untuk menghasilkan lulusan yang siap untuk bekerja di bidang industri dan sudah banyak lulusan yang bekerja di industri digital.

Kesimpulan

E-learning merupakan sistem pembelajaran yang menggunakan teknologi digital atau elektronik serta bantuan internet. Dengan dua jenis yang dimiliki yaitu synchronous dan asynchronous, e-learning menggunakan banyak format untuk menyalurkan materi pembelajaran baik menggunakan video, audio, pdf, kuis, game, hingga video conference. Tentunya e-learning memberikan manfaat bagi para pengguna dan pelaku e-learning baik guru, murid, hingga instansi.  Dengan manfaat yang diberikan dari e-learning, diharapkan untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Banyak layanan e-learning dapat Anda nikmati dan rasakan dari perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan seperti Ruangguru, Dicoding, dan Revou.