Dalam dunia digital penggunaan website sebagai media transaksi bukanlah hal yang jarang lagi terjadi. Bahkan sebagian besar traffic yang didapat oleh bisnis, berawal dari pasar digital ini. Dan tentu dari traffic yang padat tersebut, ada sebagian yang menjadi konsumen dari produk yang ditawarkan. Sehingga denga memiliki traffic yang besar akan menjadikan lebih besar lagi kemungkinan untuk pengunjung menjadi konsumen.

Mendapatkan traffic tinggi tersebut tentu merupakan hal yang ingin dicapai oleh pemilik website. Namun ternyata, memiliki traffic tinggi tidak hanya memiliki efek positif. Memiliki traffic tinggi berarti akan ada banyak pengunjung dan permintaan yang akan website anda layani. Tentu akan menjadi hal buruk apabila ada pengunjung yang tidak terlayani dengan seharusnya. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan beberapa tips dan strategi untuk menangani website yang memiliki traffic tinggi.

  1. Analisis kinerja website anda
    Langkah awal yang mendasar dalam mengembangkan website dan juga diperlukan untuk merawat website anda adalah melakukan analisis cara kerja dari website anda. Anda perlu memahami bagaimana website anda bekerja, bukan hanya dari sisi pengembang, tetapi juga dari sisi pengunjung. Anda perlu pastikan pengunjung memiliki akses yang mudah ke tujuan akhir dari website yang dibuat. Dengan mengetahui alur dari pengunjung, kita sebagai pengembang akan tahu fitur apa yang perlu ditambahkan dan mana yang tidak perlu. Dengan pengembangan yang efektif ini, proses dalam website akan menjadi lebih cepat dan dengan traffic yang tinggi, website akan tidak memiliki masalah dalam menampilkan halamannya.
  2. Tingkatkan kecepatan website
    Salah satu akibat dari traffic yang banyak adalah website menjadi lambat, hal ini dikarenakan website menerima banyak permintaan dari banyak pengunjung. Kita bisa mengurangi beban dari pemrosesan website dengan melakukan optimasi kecepatan website. Optimasi ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti melakukan kompresi gambar yang digunakan pada website, hindari penggunaan baris perintah yang tidak diperlukan, menggunakan cache, dan lainnya.
  3. Tingkatkan skalabilitas infrastruktur
    Apabila anda memiliki website yang sudah cukup lama anda kembangkan dan anda rasa pengunjung website anda melebihi dari perkiraan anda pada saat pengembangan awal, anda dapat pertimbangkan untuk menggunakan server tambahan untuk mengangani traffic yang tinggi pada website anda. Atau setidaknya ada bisa meningkatkan hosting anda ke hosting yang dapat melayani bandwidth yang besar.
  4. Pantau dan analisis data
    Langkah selanjutnya adalah langkah yang perlu anda lakukan selama website berjalan, yaitu pantau selalu traffic yang ada pada website anda. Dengan dilakukannya pemantauan akan dapat memahami pengunjung dan menyiapkan fitur yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan dari pengunjung tersebut. Selain itu, kita perlu mengingat bahwa tren selalu berubah, termasuk pola dari pengunjung website anda, oleh karena itu perlu dilakukan pemantauan secara rutin bagi website anda.

Dengan diterapkannya tips-tips yang sudah diberikan, anda dapat menangani website yang memiliki traffic tinggi. Tetapi tentu perlu diperhatikan, bahwa optimalisasi dari website dan traffic tidak hanya dapat dilakukan dengan langkah-langkah ini, tentu anda akan dapat mencoba banyak cara lagi untuk menangani website yang memiliki traffic tinggi.