Pastinya kita sering mendengar mendengar kata “plugin” saat kita berurusan dengan wordpress dan website. Terdapat banyak pilihan plugin yang ada pada wordpress, dengan fungsi yang berbeda satu sama dengan lainnya. Dan karena banyaknya pilihan ini, terkadang membuat kita sulit untuk menentukan mana yang ingin kita gunakan dalam website kita. Kali ini kita akan bahas terkait plugin yang cukup populer di kalangan pengguna wordpress, untuk membantu memberikan rekomendasi plugin.

Pengertian
Sebelum memilih, kita perlu ketahui mengenai apa itu plugin. Plugin adalah alat bantu yang digunakan pada wordpress. Adanya alat ini diharapkan dapat digunakan oleh pengguna untuk menambahkan fungsi dan fitur pada website. Kita perlu ketahui juga bahwa untuk menambahkan fitur dan fungsi kita perlu menuliskan kode-kode. Tentunya kode ini cukup sulit dipelajari bagi pengguna yang awam dalam pembrograman web. Dengan adanya plugin, pengguna tidak perlu menuliskan kode secara manual. Sehingga kita sebagai orang awam tetap dapat membuat website sesuai dengan yang kita butuhkan.

Tipe plugin
Banyaknya plugin yang disediakan oleh plugin tentu tidak semua memiliki fungsi yang sama. Dilihat garis besar fungsi dari tiap plugin, akan ada beberapa jenis plugin, antara lain :

  1. Plugin Keamanan
    Plugin yang tergolong keamanan adalah plugin yang digunakan untuk meningkatakan keamanan website. Menghindari serangan DDoS, Bot, dan serangan lainnya.
  2. Plugin SEO
    Plugin yang berjenis SEO digunakan untuk meningkatkan performa dari website. Plugin ini berjasa dalam memberikan arahan konfigurasi website agar website dapat memiliki performa yang baik.
  3. Plugin e-commerce
    Plugin yang termasuk jenis ini, dibuat khusus untuk membantu pengguna yang ingin membuat bisnis berbasis internet.

Rekomendasi plugin
Dari banyak yang sudah kita bahas disini, kami juga akan menunjukkan beberapa plugin yang cukup sering digunakan oleh website wordpress.

  1. Akismet
    Apabila kita menggunakan wordpress, tentu kita pasti sudah pernah mendengar plugin akismet. Akismet ini merupakan plugin keamanan, yang bekerja dengan menghalangi pesan spam pada website kita.
  2. YoastSEO
    Kita tentu sudah tahu bahwa SEO-lah yang akan menentukan performa website kita. Terlebih bagi pelanggan yang menggunakan pencarian.
  3. Jetpack
    Plugin satu ini bisa dikatakan plugin yang cukup lengkap fungsinya, seperti analatik website, keamanan, caching, optimasi gambar dan lainnya.
  4. Contact form 7
    Plugin ini membantu dalam pembuatan formulir contact form pada halaman website.
  5. WooCommerce
    Plugin ini merupakan plugin yang cukup terkenal dan sering digunakan oleh pebisnis yang bergerak juga di bidang digital marketing.
  6. WPForms
    Plugin ini sangat membantu apabila di website anda ingin dimasukkan formulir isian, baik sederhana maupun yang kompleks.
  7. Elementor
    Plugin page builder yang cukup kuat untuk dapat mengatur pembuatan tata letak halaman website dengan menarik.
  8. W3 Total Cache
    Plugin yang mengatur cache dengan tujuan untuk dapat mempercepat performa website, yang tentunya membuat pengunjung lebih tertarik.
  9. UpdraftPlus
    Kehilangan data merupakan masalah yang cukup berat, terutama bagi perusahaan yang sudah beroperasi dengan waktu yang cukup lama. Untuk menghindari permasalahan tersebut, kita bisa gunakan plugin UpdraftPlus untuk melakukan backup data secara rutin. Yang tentunya dapat kita restore dengan mudah.
  10. Smush
    Plugin ini membantu optimasi gambar yang terdapat pada website, yang nantinya tentu dapat mempercepat performa dari website tersebut.

Itulah beberapa rekomendasi plugin wordpress yang cukup terkenal di seluruh dunia. Kita bisa gunakan salah satu dari plugin tersebut untuk dapat meningkatkan performa website kita agar dapat memenuhi kebutuhan kita.