Dimasa kini, e-commerce bukan lagi menjadi hal yang baru bagi pengguna internet. Dimasa kini hanya dengan menggunakan smartphone pengguna dapat memulai bisnis. Bahkan, kini peran besar pasar internasional adalah dengan melalui internet. Bukan hanya pengiklanan, proses jual beli kini sudah banyak yang bisa dilakukan secara online melalui website e-commerce tersebut. Namun hanya dengan memiliki website saja masih belum cukup untuk dapat memperluas pasar dari bisnis tersebut, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dari website tersebut seperti optimalisasi website.

Pentingnya dilakukan optimalisasi adalah untuk meningkatkan kualitas dari layanan yang diterima oleh pengunjung. Tentu saja hal ini untuk menarik perhatian pengunjung dan agar pengunjung dapat terdorong untuk melakukan transaksi. Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan kualitas dari website e-commerce anda. Masih ada banyak faktor selain kecepatan respon website dan tampilan muka website. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai strategi efektif untuk mengoptimalkan tampilan dan performa dari website e-commerce anda.

  1. Desain Responsif
    Kini kebanyak orang mengakses internet sudah menggunakan smartphone masing-masing. Dengan maraknya dompet digital penggunaan smartphone sebagai media transaksi semakin umum digunakan. Oleh karena itu perlu kita pertimbangkan agar tampilan dan fungsi website mampu beradaptasi dengan perubahan perangkat. Bukan hanya laptop, desktop, tetapi juga smartphone, tablet. Tentunya dengan desain yang responsif pengguna yang mengakses di luar rumah tetap dapat mengakses dengan nyaman.
  2. Navigasi intuitif
    Kita pasti pernah merasakan, disaat kita sudah menjelajahi suatu website, kita tidak bisa kembali ke halaman sebelumnya dan justru terlempar ke halaman muka awal. Hal ini yang perlu kita hindari, salah satu penyebabnya adalah menu navigasi yang kurang terorganisir. Hal ini menyebakan pengunjung menjadi bingung mencari barang yang diinginkan. Agar lebih mudah kita bisa sertakan kolom pencarian untuk fungsi atau fitur dari website.
  3. Tampilan menarik
    Hal selanjutnya tentu saja, yaitu tampilan antarmuka dari website tersebut. Penting bagi pengembang untuk memerhatikan lebih terkait produk yang ditawarkan oleh penyedia. Karena hal ini cukup penting untuk menentukan tema warna dari website agar tetap relevan dengan produk yang ditawarkan. Dan tentu saja kita perlu perhatikan gambar dari produk itu sendiri, kita perlu pastikan agar kualitas dari gambar dapat cukup di terima oleh pengunjung.
  4. Optimalisasi Kecepatan
    Kecepatan juga menjadi salah satu faktor pokok dalam meningkatkan kualitas pelayanan ke pelanggan. Kecepatan yang dimaksud adalah seberapa cepat website dapat menampilkan apa yang pengunjug inginkan. Selain halaman, tampilan yang perlu dimuat dengan cepat adalah gambar dari produk. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan ini, seperti kompresi gambar, mengurangi baris script, gunakan teknik caching, dan lainnya.
  5. Ulasan dan rekomendasi
    Dan yang selanjutnya adalah terkait kesan dan pesan dari pengunjung. Ulasan ini menjadi sangat berharga bukan hanya untuk pembeli tetapi juga untuk penjual. Hal ini dikarenakan dengan adanya ulasan tersebut pembeli lain menjadi percaya kepada produk tersebut. Selain itu pemberian rekomendasi ke pembeli tertentu juga menjadi salah satu faktor penting. Hal ini dilakukan dengan harapan pembeli melakukan pembelian lain.

Dengan memerhatikan poin-poin sebelumnya, harapannya dapat menjadi arahan untuk mengembangakan website e-commerce anda. Dan tentu saja dengan berjalannya waktu dan berjalannya pengembangan website, pasar dari e-commerce tersebut juga dapat semakin luas.