Woocommerce tidak lagi asing terdengar apabila kita membahas mengenai bisnis digital. Di era yang serba mudah ini, kebanyakan orang cenderung memilih kemudahan dibandingkan dengan keterjangkauan. Hal ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi dan internet yang begitu cepat. Kini hampir semua orang menggunakan smartphone dalam melakukan pekerjaan hari-harinya. Termasuk dalam dunia perdagangan, kini segala aktivitas transaksi dilakukan dengan menggunakan smartphone. Disinilah woocommerce hadir sebagai solusi yang cukup terkenal dan sering digunakan dalam website jual beli online. Pada artikel ini kita akan membahas terkait plugin tersebut.

Pengertian
Woocommerce adalah plugin yang bersifat terbuka atau open-source, pada wordpress. Plugin yang dibuat tahun 2011 ini, berkembang menjadi salah satu platform yang cukup terkenal di dunia. Sudah jutaan pengguna diseluruh dunia yang telah memanfaatkan kemudahan penggunaan, fleksibilitas dan kemampuan dari woocommerce dalam dunia industri.

Keunggulan

  1. kemudahan integrasi
    Woocommerce dapat dengan mudah terintegrasi dengan platform wordpress. Platform yang digunakan hampir seluruh pemilik website. Dengan kata lain woocommerce ini dapat digunakan oleh hampir semua pemilik website. Yang menjadi kelebihan adalah integrasi ini memperbolehkan anda untuk tetap menggunakan tampilan wordpress anda dan tidak perlu merombak website.
  2. Fleksibilitas
    Kelebihan lainnya dari woocommerce adalah fleksibilitas dari plugin ini. Woocommerce tidak terbatas digunakan oleh bisnis tertentu. Plugin ini dapat digunakan di semua lini bisnis anda. Dengan banyak tema dan ekstensi yang dapat anda gunakan untuk sesuaikan dengan tipe produk yang anda tawarkan.
  3. Skalabilitas
    Plugin woocommerce ini tidak terbatas pada toko yang memiliki skala besar. Anda juga bisa menggunakan plugin untuk binis ukuran kecil sekalipun tanpa adanya batasan. Woocommerce menawarkan manajemen inventaris, pemesanan dan pengiriman dengan organisir. Sehingga dapat membantu anda tetap melakukan perluasan skala toko, tanpa mengubah sistem yang ada.
  4. Analitik
    Plugin woocommerce menawarkan sistem analitik yang cukup membantu kinerja bisnis anda. Sistem ini memperbolehkan anda untuk dapat melajak penjualan, memberikan produk terlaris, dan fungsi lainnya. Yang tentunya fungsi ini cukup penting apabila anda ingin terus mengembangkan bisnis anda.
  5. Open source
    Kelebihan selanjutnya dari plugin ecommerce adalah keterjangkauan. Hal ini disebabkan karena plugin ini dapat kita gunakan secara gratis. Woocommerce ini merupakan plugin open-source yang tentunya membantu bagi kita sebagai pemula yang juga baru belajar sistem ecommerce.

Woocommerce, yang merupakan platform ecommerce terbanyak digunakan oleh pengguna wordpress, ini sangat cocok dengan bisnis apapun. Tidak terbatas dari skala bisnis anda, baik pemula maupun bisnis besar. Dengan menggunakan plugin ini anda dapat mengembangkan bisnis anda menjadi lebih besar lagi.