Kita pasti sering mendengar kata cache, terlebih saat kita mengunjungi suatu website. Selain dari website kita juga pasti sering mendengar cache pada suatu aplikasi. Sebenarnya apa itu cache? apa fungsinya cache pada website? dan apakah cache itu berguna bagi website?. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa pertanyaan tadi terkait cache pada website.

Pengertian

Cache pada website adalah teknologi yang memungkinan server web dapat menyimpan data untuk sementara dari halaman suatu web. Data yang disimpan ini, akan kembali digunakan, sehingga pada saat pengguna ingin mengakses halaman website yang sama lagi. Data dari halaman website yang tersimpan dalam bentuk cache tadi, akan digunakan untuk memuat ulang tampilan halaman website. Sehingga halaman dari website tersebut dapat tampil dengan lebih cepat.
Ada berbagai jenis informasi yang disimpan pada cache website, antara lain seperti gambar, dokumen, halaman dari web itu sendiri, dan lainnya.

Fungsi

Cache yang menyimpan informasi dari suatu halaman website ini, memiliki pengaruh yang cukup banyak. Akan lebih terasa apabila pengakses merupakan pengguna yang sering berkunjung ke halaman tersebut. Pada saat pertama kali halaman website diakses oleh pengguna, server akan mengirimkan data yang diminta oleh pengguna. Data yang dikirimkan ini akan disimpan pada browser pengguna, dan akan digunakan kembali apabila pengguna akan mengakses halaman yang sama lagi.

Dengan digunakannya cache ini ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pengguna dan juga pemilik server. Karena dengan digunakannya cache ini waktu untuk memuat halaman akan menjadi lebih cepat, karena ada data yang disimpan dalam browser pengguna, browser akan menggunakan cache tersebut untuk membantu proses pemuatan halaman website tersebut. Dengan digunakannya cache oleh browser ini juga akan meringankan pekerjaan server, yang seharusnya mengirimkan data dari halaman website tersebut ke pelanggan.

Cara Kerja

Cache pada website didapatkan ketika pengguna mengakses suatu halaman website, browser akan mengirimkan permintaan ke server tujuan. Apabila data yang diinginkan sudah tersimpan di cache, maka dengan cache tersebut browser akan menampilkan data yang diinginkan oleh pengguna. Apabila data yang minta oleh pengguna tidak tersedia di cache, server akan mengirimkan data yang diperlukan pengguna untuk mengakses halaman tujuan. Dan data tersebut akan disimpan di cache untuk penggunaan di masa yang akan datang.

Apakah cache berbahaya bagi pengguna?

Dari penjelasan sebelumnya, kita sudah tahu mengenai fungsi dan manfaat dari keberadaan cache ini. Tapi, adakah hal yang perlu diperhatikan dari penggunaan cache ini?. Kita telah ketahui sebelumnya bahwa cache ini didapatkan saat kita mengakses suatu website, dan cache ini disimpan oleh browser. Artinya bahwa semakin banyak cache yang kita simpan ini maka data yang disimpan oleh perangkat kita juga akan semakin besar. Maka, meskipun cache ini mempercepat pemuatan halaman website, kita juga perlu mengelola cache agar tidak menumpuk dan memenuhi penyimpanan perangkat kita.