Apa itu Local SEO?

Local SEO merupakan strategi SEO yang berfokus pada peningkatan visibilitas situs web dan bisnis di daerah tertentu atau lokasi geografis tertentu. Adapun tujuannya yaitu untuk membantu bisnis lokal memperoleh peringkat lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari terkait dengan lokasi mereka, seperti “jasa tukang jait di Yogyakarta” atau “restoran terdekat di Semarang”. Local SEO penting karena membantu bisnis untuk menarik pelanggan di area lokal atau lokasi geografis mereka yang mencari produk atau layanan mereka. Hal itu membantu meningkatkan traffic ke bisnis dan dapat menghasilkan lebih banyak penjualan dan pendapatan.

Bagaimana Penerapan Local SEO?

Tentunya dalam penerapan local SEO ada cara untuk mengoptimalisasi dan meningkatkan visibilitas dalam pencarian oleh pelanggan. Berikut merupakan cara untuk mengoptimalkan local SEO:

1. Klaim Daftar Google Bisnisku Anda

Mengklaim dan mengoptimalkan daftar Google My Bussines (GMB) Anda sangat penting untuk SEO Lokal. Pastikan untuk mengisi semua informasi dengan akurat, termasuk nama bisnis, alamat, nomor telepon, situs web, jam buka, dan kategori. Tidak lupa untuk mendorong pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan pada list GMB Anda.

2. Gunakan Local Keywoard

Masukan kata kunci lokal di konten situs web Anda, tag meta, dan judul untuk membantu mesin pencari memahami lokasi Anda serta layanan yang Anda berikan. Misalnya, gunakan kata kunci seperti “tukang jahit di [kota Anda]” atau “restoran di dekat saya”.

3. Optimalkan Situs Web Seluler

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, penting untuk memiliki situs web yang dioptimalkan untuk seluler. Pastikan situs web Anda mobile-friendly, mudah dinavigasi, dan dimuat dengan cepat.

4. Buat Kutipan Lokal

Kutipan menyebutkan nama, alamat, dan nomor telepon (NAP) bisnis Anda di situs web lain. Buat kutipan lokal di situs resmi, seperti situs berita lokal, situs khusus industri, dan blog lokal.

5. Dapatkan Ulasan dari Pelanggan

Ulasan positif dapat membantu meningkatkan SEO Lokal Anda. Upayakan pelanggan Anda untuk memberikan ulasan di listingan Google My Business, Yelp, dan situs ulasan lainnya.

6. Gunakan Markup Skema

Gunakan markup skema di situs web Anda untuk membantu mesin pencari memahami lokasi, layanan, dan detail penting lainnya dari bisnis Anda.

7. Gunakan Media Sosial

Terlibat dengan komunitas lokal Anda di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Bagikan pembaruan tentang bisnis, promosi, dan acara Anda.

Kesimpulan

Dengan melakukan local SEO, bisnis lokal Anda dapat lebih terlihat pada hasil pencarian lokal dan meningkatkan kemungkinan pelanggan potensial menemukan dan melakukan bisnis dengan Anda.