Apabila anda memiliki file penting tentu sudah menjadi keharusan anda untuk melakukan backup. Backup dilakukan dengan tujuan untuk memulihkan kembali berkas-berkas anda yang hilang maupun mengalami kerusakan. Umumnya backup dilakukan dengan cara menduplikasi file atau berkas dan menyimpan duplikat di tempat yang aman, seperti di lokal area atau hardisk.

Tak terkecuali untuk website wordpress. Kita perlu melakukan backup secara rutin data-data website kita untuk menghindari dari permasalahan kehilangan data. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa kita perlu melakukan backup website kita secara rutin, antara lain

  1. Melindungi dari kegagalan teknis
    Website, tidak terbatas pada website yang menggunakan wordpress, umumnya rentan terhadap kegagalan kesalahan teknis. Kesalahan ini bisa terjadi misalkan salah menggunakan versi php atau kesalah teknis lainnya. Dengan kata lain apabila saat terjadi sesuatu yang menyebabkan website tidak dapat diakses, kita bisa memulihkan kembali website dengan data yang sudah kita backup.
  2. Mengatasi kesalahan manusia
    Kesalah manusia sudah menjadi masalah yang tidak dapat dihindari. Banyak hal yang disesbabkan oleh kesalahan manusia, seperti penggantian file yang salah, penulisan kode yang salah, atau penghapusan file tanpa sengaja. Dengan dilakukannya backup, kita bisa melakukan restore atau pemulihan apabila setelah dilakukan pembaharuan, website justru tidak dapat diakses.
  3. Memulihan file yang terinfeksi virus
    Internet merupakan jalur masuk yang boleh dilewati oleh siapa saja. Tentu kita tidak bisa memastikan bahwa hanya hal baik yang akan datang. Terkadang ada orang yang ingin menginfeksi website kita dengan virus, yang menyebabkan website kita menjadi rusak. Terkadang virus mengubah isi dari file yang ada pada website. Sehingga file menjadi tidak dapat digunakan lagi, dengan demikian perlu kita lakukan pemulihan file dengan menghapus file yang terinfeksi dan mengganti dengan yang baru.
  4. Memulihkan data berharga
    Tentu yang menjadi fungsi utama dilakukan backup adalah menyimpan data berharga. Hal ini perlu dilakukan karena ada kemungkinan karena suatu masalah data tersebut dapat hilang dari penyimpanan kita.

Dilakukannya backup secara rutin merupakan tindakan yang penting, terutama bila website anda merupakan website yang aktif dikembangkan. Dengan dilakukannya backup anda dapat setidaknya memastikan bahwa website anda dapat terus online meskipun sempat terjadi permasalahan.