Spam pasti sudah pernah menjadi masalah bagi anda yang menggunakan fitur komentar di website. Terutama website anda yang memiliki artikel yang sangat umum dikomentari oleh pembaca. Namun anda pasti pernah mengalami kejadian dimana pesan yang disampaikan adalah pesan promosi atau justru malah mengirimkan pesan tidak jelas secara berulang. Hal seperti inilah yang kita sebut dengan spam.

Spam pada komentar ini dapat menyebabkan masalah pada website anda. Seperti, mengganggu pengunjung lain sehingga akan menurunkan kualitas pelayanan terhadap pengunjung, selain itu spam juga memberikan kesan negatif terhadap pengunjung. Banyaknya spam pada website juga akan membuat anda kesulitan untuk menentukan mana komentar yang perlu dijawab dan mana yang merupakan spam. Selain mengganggu tampilan, ternyata melalui komentar penyerang juga dapat melakukan penipuan dengan memberikan tautan yang berisi malware atau sejenisnya.

Untuk mencegah terjadinya spam ini, wordpress memiliki beberapa plugin yang dapat anda gunakan. Pada artikel ini kami akan memaparkan beberapa rekomendasi plugin wordpress yang dapat anda gunakan untuk mencegah adanya spam.

  1. Akismet
    Bagi anda yang pernah menginstall wordpress dari awal pasti pernah mendengar nama plugin ini. Plugin yang dibuat oleh wordpress ini dapat dengan otomatis memeriksa komentar yang masuk ke website anda dan memfilter komentar yang diduga spam. Dengan menggunakan algoritma yang cerdas dan memiliki database komentar spam, plugin ini dapat melakukan filtrasi spam dengan cukup baik. Selain itu dengan plugin ini anda dapat memonitor komentar mana yang terduga spam.
  2. WPBruiser
    Plugin yang dahulu dikenal dengan nama Goodbye Captcha ini menggunakan teknologi tingkat tinggi untuk mengindentifikasi dan memblokir serangan spam bot dengan efektif. Plugin ini mampu mempelajari prilaku pengunjung dan melakukan pemilahan bot untuk menghindari spam.
  3. Anti-Spam Bee
    Pluin ini merupakan plugin yang cukup sederhana namun efektif untuk wordpress. Dengan menggunakan serangkaian aturan dan filter, plugin ini mampu mencegah adanya spam komentar. Plugin ini mampu mengenali prilaku spam bot dan mempelajari isi dari komentar.

Dengan memanfaatkan plugin yang telah disediakan pada website wordpress, kita dapat meminimalisir adanya spam yang dapat mengganggu website kita. Selalu pastikan pengunjung website anda tidak terganggu dengan adanya masalah spam tersebut.