keamanan website haruslah menjadi prioritas utama anda, disamping pengembangan pasar online anda. Disamping terus mengembangkan website, perlu anda perhatikan secara lebih keamanan dari website anda. Terlebih apabila anda berencana untuk membuat website anda menjadi lebih luas lagi.

Ada banyak jenis bahaya yang dapat menjadi ancaman bagi website anda. Antara lain, seperti serangan bot atau peretas, malware, serangan DDoS, dan lainnya. Serangan-serangan ini yang dapat mengganggu integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data dari website kita.
Ada banyak cara untuk mencegah serangan-serangan tersebut. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan plugin keamanan.

Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa plugin yang cukup sering digunakan untuk mencegah serangan website.

  1. iTheme Security
    Plugin yang sebelumnya dikenal sebagai Better WP Security ini merupakan plugin yang sangat populer digunakan. Plugin ini menawarkan fitur keamanan yang komprehensif. Plugin ini dapat meleindungi dari serangan brute force, deteksi, perlindungan peretasan, pemantauan, dan masih banyak lagi. ITheme Security juga menawarkan fitur lain seperti keamanan database, blok IP keamanan lainnya.
  2. Wordfence Security
    Plugin ini merupakan plugin yang juga sangat populer dikalangan pengguna wordpress. Plugin ini menawarkan fitur yang jarang ditemukan di plugin lain. Fitur tersebut antara lain, firewall, pemindaian malware, perlindungan dari brute force, dan juga pemantauan dan pembuatan laporan aktivitas. Plugin Wordfence ini memiliki tampilan antarmuka yang cukup mudah digunakan dan juga mudah dikonfigurasi sesuai dengan apa yang anda inginkan.
  3. Securi Security
    Plugin ini merupakan salah satu plugin yang juga cukup kuat untuk melindungi situs anda dari serangan malware, peretasan, dan serangan DDoS. Selain itu, plugin ini juga menawarkan fitur lainnnya, seperti pemantauan, pemindaian malware, dan fitur lainnya. Plugin ini juga mampu melakukan pemulihan untuk mengatasi serangan terhadap keamanan website.
  4. Malcare Security
    Plugin ini berfokus pada deteksi dan pencegahan dari malware. Dengan dilengkapi teknologi AI yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan penghapusan malware, plugin ini dapat bekerja dengan baik untuk melindungi website anda. Selain itu plugin ini dapat melakukan pemindaian cepat dan juga pemulihan website yang terkena serangan.
  5. Shield Security
    Plugin ini dulu dikenal dengan nama simple firewall, plugin yang mudah digunakan. Dilengkapi dengan fitur firewall, perlindungan terhadap brute force, perlindungan DDoS, dan pemantauan keamanan, plugin ini mampu memenuhi kebutuhan website anda akan keamanan.

Keamanan suatu website perlu dijadikan salah satu fokus dalam mengembangkan website. Terlebih apabila website kita menyimpan banyak informasi terkait klien. Dengan digunakannya plugin-plugin ini setidaknya anda sudah melakukan salah satu tindakan preventif dari terjadinya serangan. Masih banyak cara lain untuk menjaga keamanan website, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mempelajari metode lain. Karena kita tidak bisa memastikan bahwa website akan selalu aman dengan digunakannya plugin-plugin tersebut.