Setelah menerima cukup banyak pertanyaan mengenai WordPress,Kali ini kami akan memberika panduan tentang ” Bagaiman Cara Menggunakan,Merawat,Dan Mejaga keamanan pada web anda di WordPress”

Lalu tahap-tahap apa saja yang harus dilakukan?

Berikut Langkah-langkahnya:

1. Upgrade ke versi yang terbaru

Selalu upgrade ke versi wordpress yang terbaru, dimana versi terbaru merupakan versi perbaikan dari versi sebelumnya, baik itu dari sisi fitur maupun keamanan scriptnya. Upgrade bisa dilakukan dengan cara otomatis melalui halaman dashboard maupun dengan cara manual.

2. Upgrade Plugin & themes

selalu gunakan plugin dan themes yang sesuai dengan keperluan anda, karena penggunaan banyak plugin juga akan memperberat loading website. Hapuskan plugin yang tidak digunakan dan lakukanlah upgrade secara berkala. Hindari plugin dan themes bajakan agar terhindar dari virus.

3. Jangan menggunakan “admin” sebagai username

Biasanya pada saat menginstall, wordpress akan memberikan anda username dengan nama admin. Dengan menggunakan default nama user admin, maka kemungkinan untuk hack dengan cara menebak password dari username admin anda menjadi sangat besar. Hal ini juga berarti bagi anda pengguna CMS lain, agar segera mengganti username yang diberikan default oleh web yang anda gunakan.

4. Gunakan password yang kuat

Banyak orang menggunakan password yang sangat lemah sehingga bisa menjadi celah untuk bisa di tembus oleh hacker. Password-password umum yang sering digunakan orang antara lain: “ABCD”, “tanggallahir”, “namawebsite”, dan seterusnya. Password-password semacam ini amat sangat mudah untuk ditebak, dan oleh karenanya mudah untuk ditembus!
gunakanlah password yang lebih dari 6 karakter dan kombinasikan dengan angka atau karakter spesial lainnya sehingga akan sulit ditebak, dengan password yang kuat setidaknya akan mempersulit tool-tool yang mengacak password wordpress anda.

5.Lakukan Backup

Selalu lakukan Backup website dan database anda secara reguler, buat jadwal untuk melakukan backup website dan database anda, karena dengan begitu anda tidak akan kehilangan file atau postingan yang sudah anda bangun jika terjadi sesuatu hal yang terjadi.

6.Sembunyikan folder login standar WordPress (wp-admin)

salah satu celah keamanan terbesar yang dimiliki oleh WordPress adalah tempat user untuk melakukan login, yakni http://www.namadomain.com/wp-admin/. Folder tersebut cukup umum diketahui oleh para hacker sebagai tempat masuk ke bagian back-end dari WordPress kita, yakni yang umum kita kenal dengan sebutan Dashboard.
Salah satu plugin yang bisa menjadi pertimbangan adalah wp-better security.

Pastikan langkah-langkah di atas anda lakukan secara teratur dan continue,agar web anda tetap stabil,aman,dan lancar.